Pages

Labels

Blogger news

Saturday 28 September 2013

Alat Musik NAD (Nanggroe Aceh Darussalam)

Seranai
Asal mula serunai atau puput serunai diperkirakan datang dari nama shehnai, alat musik yang berasal dari Lembah Kashmir di dataran India Utara. Alat musik shehnai diduga merupakan perkembangan dari alat musik pungi yang dipakai dalam musik para pemikat ular tradisional India.
Setelah dikenal luas di dataran tinggi Minangkabau (kawasan Sumatera Barat sekarang), serunai menjadi populer sebagai alat musik tiup tradisionalMinang.


Bangsi Alas
Bangsi adalah alat musik tradisional aceh yang terbuat dari bahan bambu yang merupakan alat musik tiup. Bangsi banyak ditemukan di daerah Alas, Aceh Tenggara. Biasanya bangsi dibuat untuk kepentingan adat yaitu untuk menghormati seseorang yang meninggal di suatu desa. Jika di suatu desa atau kampung ada yang meninggal dunia, maka bangsi yang ada di desa itu akan dihanyutkan ke sungai.


Rapai
Rapai adalah alat musik pukul seperti rebana yang terbuat dari kulit dan kayu. Biasanya dibuat dengan warna kuning muda dan hitam yang digunakan sebagai alat musik pengiring dalam musik-musik kesenian tradisional Aceh.

0 comments:

Post a Comment